Masa depan pendidikan mereka cerah jika tidak terbentur dengan biaya mahal.

24 Juni 2006

Sejarah Stanplat

Stanplat-Temanggung "adalah" terminal; tempat mangkalnya beragam individu dari lintas usia, komunitas, dusun, agama dan status sosial yang membaur dalam sebuah ikatan gerakan sosial untuk mewujudkan masyarakat lokal yang berdaya di era global

Kenapa Stanplat ada?
Ada!, karena sebuah gagasan tersebut benar-benar dijiwai dan dipraktekkan secara kompak oleh individu-individu sejak awal pendirian sampai memasuki tahun ketiga 2008. Para pendiri Stanplat adalah mereka yang sering berdiskusi di millist komunitas lokal Temanggung yang, yakni TMG-News-Mail@yahoogroups.com dan temanggung@yahoogroups.com. Komunikasi dan tukar gagasan secara intensif mendorong para migran asal Temanggung di berbagai kota di Indonesia berinisiatif membuat semacam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat lokal di Temanggung.

Setelah kurang lebih 2 minggu berdiskusi akhirnya dipilih membuat media cetak berbasis komunitas masyarakat lokal Temanggung. Tepat pada malam minggu, menjelang pembukaan final piala dunia di Jerman 09 Juni 2006, beberapa calon pendiri berkumpul di kedai Tempo Utan Kayu Jakarta Timur. Di situ kita mengadakan tatap muka pertama untuk melakukan langkah menerbitkan media cetak.

Kenapa media cetak?
Pertama, sebagian dari member millist adalah gemar menulis, sebagian bekerja sebagai wartawan. Kedua, ada ahli desain grafis dan lay-out. Ketiga, media cetak bisa dikerjakan tanpa harus melalui aktivitas lapangan. Hampir 80 persen pekerjaan bisa dilakukan melalui komunikasi internet. Keempat, tentu saja didukung oleh adanya pendanaan. Dana yang mengalir untuk penerbitan waktu itu didapat dari sumbangan dan iuran personal para pendiri.(Dan ini berlaku sampai masuk tahun ketiga, Agustus 2008), termasuk perolehan iklan tentunya.

Dengan cara ini kami bekerja untuk mentransformasikan gagasan komunikasi menjadi sebuah pergerakan,-bukan sekadar paguyuban. Media cetak berwujud buletin (8 halaman, kini 16 halaman) yang kita namai Stanplat tersebut bukan sekadar sarana informasi melainkan juga memiliki langkah strategis bagi penguatan gerakan lokal berbasis masyarakat rantau. Setahun perjalanan Stanplat yang penuh liku, akhirnya berhasil menghimpun berbagai elemen-elemen komunitas masyarakat lokal Temanggung di berbagai daerah.

Pelanggan Stanplat meningkat cepat dalam waktu beberapa bulan sejak didirikan. Begitu pula respon masyarakat Temanggung yang sangat senang dengan kehadiran Stanplat. Adanya kebutuhan menaungi aktivitas perantau asal Temanggung di berbagai daerah membuat komunitas Stanplat mendirikan organisasi sosial yang berkarakter pergerakan lokal. Berdirilah Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan (PIKATAN) pada Agustus 2007 silam.

Beberapa bulan PIKATAN berdiri, komunitas gerakan seni asal Temanggung di Jakarta mendirikan Komunitas Tanah Merdeka (KTM), november 2007. Organisasi seniman ini adalah didirikan oleh para pengurus PIKATAN. Setelah KTM berkibar, bulan pebruari 2008 para aktivis PIKATAN mendirikan Lumbung Zakat Temanggung (eLZaTe) sebagai basis pergerakan sosial karikatif.

Karakter media cetak Stanplat yang nota-bene berbasis gerakan sosial memiliki watak yang berbeda dengan media konvensional. Ada beberapa watak dasar Stanplat yang penting diketahui. 1) Media ini menekankan pentingnya kritik terbuka kepada pemerintahan daerah Temanggung. 2) Menggerakkan jejaring antar individu dan organisasi perantau maupun organisasi sosial di Temanggung. 3) Membangkitkan semangat kreativitas dan kemandirian di berbagai bidang untuk mewujudkan emansipasi sosial masyarakat lokal di era global. 4). Independensi. 5) Memiliki semangat gotong-royong tipikal gerakan komunitarianisme. 6) spirit kerja sosial menjadi tonggak utama pergerakan. 7) keterbukaan, kebersamaan, kekompakan dan saling percaya terhadap sesama teman tanpa harus kenal dekat terlebih dahulu.

Anda sepakat dengan karakter yang dimiliki Stanplat?
Jangan sungkan-sungkan bergabung segera. Kirimkan email Anda ke red_stanplat@yahoo.com untuk kemudian bergotong-royong mewujudkan kebangkitan Indonesia melalui Temanggung. Para pengelola Stanplat berdiskusi di millist pikatan@yahoogroups.com










0 komentar:

 
© Original template design: BlogspotTutorial - modifite by Andy Yoes